TRAINING ONLINE ANALITICAL SKILLS FOR LEADERS

Posted on: Juli 17, 2022 Posted by: admin diorama Comments: 0

TRAINING ONLINE ANALITICAL SKILLS FOR LEADERS

TRAINING ONLINE ANALITICAL SKILLS FOR LEADERS

training

DESKRIPSI TRAINING WEBINAR ANALYTICAL SKILLS :

Saat menghadapi masalah, seorang Leader harus berpikir analitikal, sehingga mampu menganalisa permasalahan sampai ke akar masalah, menganalisa penyebab, dan akhirnya menentukan solusi terbaik berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Tantangan bagi seorang leader masa kini adalah masalah yang ada kian kompleks, dan seringkali berulang terjadi. Treatment untuk permasalahan yang bersifat interkorelasi tentu akan berbeda dengan masalah yang bersifat sistemik, dan itu akan berdampak pada keputusan yang dibuat. Oleh karenanya, tools terdahulu seperti root cause, pareto, decision analysis kurang memadai, karena hanya memecahkan masalah dengan mencari alternatif solusi, tanpa menyelesaikan masalah hingga tuntas. Sehingga ada kemungkinan, masalah yang sama akan terulang kembali.

Pelatihan ANALYTICAL SKILLS FOR LEADERS akan membekali peserta dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitikal, juga dalam melakukan continuous improvement bagi perusahaan. Dengan 7 New Management Tools, peserta diharapkan mampu memetakan, memproyeksikan, dan mengantisipasi beragam kemungkinan yang akan terjadi di masa depan (kemungkinan masalah dan solusi yang akan digunakan di masa depan), sehingga meminimalisir terulangnya masalah yang sama.

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan analitical skills for leaders ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

TUJUAN TRAINING LEADERSHIP UNTUK PRAKERJA :

1. Memetakan, memproyeksikan, dan mengantisipasi beragam kemungkinan yang akan terjadi di masa depan, sehingga meminimalisir terulangnya masalah yang sama.

2. Mengidentifikasi situasi yang membutuhkan analisis, mengenali pola masalah yang dihadapi, melihat persamaan atau perbedaan antar masalah dengan cepat dan efektif.

3. Mampu menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien dengan hasil yang baik.

4. Mampu memahami sasaran pekerjaan sendiri serta bekerja dengan optimal, sesuai target.

5. Mampu memilah dan mengorganisasikan informasi relevan yang dibutuhkan, untuk analisa dan pengambilan keputusan dalam situasi pekerjaan rutin.

6. Dengan mengikuti pelatihan analitical skills for leaders Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai analitical skills for leaders dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang analitical skills for leaders.

MATERI pelatihan analytical skills online Zoom :

Modul 01 – Managing The Result

* Membahas kinerja dan efektivitas pekerjaan sehari-hari seorang Leader.

* Menyelesaikan tuntutan pekerjaan: masalah teknis, manusia, koordinasi intradepartemental dan interdepartemental.

* Menentukan prioritas tim.

* Merencanakan tugas dan kegiatan.

* SHARING: langsung mengerjakan vs koordinasi terlebih dahulu.

* TIPS & TRICKS: mengidentifikasi kategori tugas yang berbeda.

* TIPS & TRICKS: mengidentifikasi kegiatan untuk setiap kategori tugas.

* TIPS & TRICKS: memprioritaskan kegiatan pekerjaan.

Modul 02 – Managing Day to Day Activities

* Menentukan waktu kerja yang tepat untuk jam yang berbeda.

* Membahas siklus fisik dan metabolisme tubuh serta implikasinya dalam bekerja.

* Memahami kondisi Iklim dan Budaya Kerja: Matriks Energi & Emosi.

* Latihan Prinsip Kolam Ikan: memetakan Kondisi Emosi + Energi Tim Anda.

* PRIORITASI: PRINSIP PARETO: What is your best 80% result ? What is your best 20% time ? Leveraging your best 20: How to get your 80% things done.

* Memahami Dasar Penentuan Aktivitas: Workload Analysis.

* TIPS & TRICKS: mengendalikan penggunaan waktu (penting & genting),

* TIPS & TRICKS: menetapkan dan menyesuaikan tujuan mingguan dengan tujuan akhir.

Modul 03 – Identifikasi & Analisa Perilaku Manusia

* Membahas gaya, perilaku & kebiasaan manusia untuk memahami diri, teman & rekan kerja.

* Mengenal tipologi umum manusia serta kebiasaan mereka.

* Mendeteksi karakteristik, motivasi, minat & topik pembicaraan dari masing-masing tipologi.

* Mengenal kebiasaan & cara berinteraksi dengan masing-masing tipologi.

* TIPS & TRICKS: membahas tipologi kepribadian & kebiasaan manusia.

* TIPS & TRICKS: menerapkan tipologi dalam aktivitas kerja & pergaulan.

Modul 04 – Komunikasi dalam Mengumpulkan & Mengorganisir Informasi

* Mengenal dasar-dasar komunikasi bawah sadar.

* Memahami 5 Bahasa tubuh utama untuk mengakses ke bawah sadar.

* Memahami 4 intonasi nada suara serta akibatnya bagi diri kita & komunikasi ke orang lain.

* VIDEO: Non-Verbal Communication.

* TIPS & TRICKS: membahas bahasa tubuh (termasuk karakteristik visual, suara & gerak).

* LATIHAN: mengaplikasikan gaya komunikasi asertif & pengelolaan yang sesuai tipologi.

Modul 05 – Metode Analisa Masalah Menggunakan Tools

* Pemahaman mengenai pentingnya pemikiran yang sistematis dan terstruktur untuk PROSDEM.

* Tahapan dalam mencari, mengumpulkan, menyusun dan menganalisa data dan fakta.

* Latihan pengenalan konsep dan tools SPSI.

* Analisa Situasi: Penilaian situasi dan identifikasi (analisa) permasalahan dalam proses pemecahan masalah pada aktivitas pekerjaan: memahami definisi masalah, penilaian derajat kegawatan dan Teknik klarifikasi masalah, memilih mana yang relevan mana yang bukan, memecah masalah kompleks menjadi masalah ringan, bagaimana memiliki tingkat kontrol yang memadai (update & holistik) atas situasi masalah.

* Analisa masalah dengan pengunaan Pohon Logika (Quality Logic Trees) secara Konsisten, Relevan & MeCe.

* Penguatan (Reinforcement): dampak generalisasi, distorsi & delesi dalam pemetaan situasi.

* Metode Mapping situasi permasalahan (problem) di lingkungan kerja dengan teknik 5W3HTPO dan teknik Blusukan ala gemba, genbutsu & genjitsu.

* Latihan Analisa Situasi sesuai kasus di perusahaan.

Modul 06 – Metode Analisa Keputusan Dan Potensi Masalah Pasca Implementasinya

* Pengenalan 7 Management tools dalam PROSDEM:

1. Affinity Diagram (KJ Method)

2. Interrelationship Digraph (ID)

3. Tree Diagram

4. Prioritization Matrix

5. Matrix Diagram

6. Process Decision Program Chart (PDPC)

7. Activity Network Diagram

* Analisa Masalah: Bagaimana dengan akurat mengidentifikasi, mendeskripsikan, menganalisa dan memecahkan SITUASI DI MANA ADA MASALAH NAMUN TIDAK JELAS PENJELASANNYA, menggunakan metode Fishbone (root cause effect), mind map, dll.

* Analisa Solusi: bagaimana menganalisa 3 komponen utama pengambilan keputusan yaitu:

1. Analisa alasan dan tujuan di balik pemilihan alternatif keputusan.

2. Analisa pilihan alternatif yang tersedia.

3. Analisa risiko relatif dari setiap alternatif yang ada.

* Analisa Implementasi: Bagaimana menganalisa kemungkinan masalah yang mungkin terjadi di masa depan, serta Teknik dan kiat untuk mengantisipasinya. Dasarnya adalah: memikirkan dan bertindak sebelum masalah baru terjadi, jauh lebih efisien ketimbang memecahkan masalahnya ketika problem baru tersebut benar-benar terjadi: baik dalam konteks jumlah potensi maupun dampaknya.

Modul 07 – Pencegahan Dan Penyelesaian Masalah Dengan Metode LKI – Horenso

* Pendalaman menggunakan 7 Management Tools dalam pemecahan Masalah.

* Mekanisme koordinasi dan prioritasi dalam bisnis.

* Pengenalan prinsip Laporan, Konsultasi, Informasi atau LKI

* Hubungan LKI, PICA dan PDCA.

* Metode improvement dengan menggunakan Individual PICA.

* Aplikasi Laporan (Obligation + Extra Voluntary Effort), Komunikasi (Sharing of Information), Konsultasi (Synergy).

* Memahami esensi masalah bisnis: Data vs Opini, Informasi vs Analisa, Sintesa vs Insight vs Foresight, sebagai dasar Rekomendasi.

* Struktur dari proses pelaksanaan keputusan.

* Bagaimana menyusun Action Plan yang efektif yang mencerminkan Siapa melakukan, Apa dan Bilamana.

* Bagaimana menyusun Action Plan dalam mengecek progres pelaksanaan keputusan.

* Latihan dan studi kasus.

Modul 08 – Latihan Kasus Dan Roleplay

* Latihan Menggunakan 7 management tools (Driil for Skill).

* Peserta berlatih membuat one paper problem description format presentasi kelas.

* Group presentation & facilitator review.

* Persetujuan bersama metode/alur pendekatan dalam:

1. Melihat, mereview dan menganalisa masalah.

2. Menentukan akar penyebab.

3. Membedakan emosi dengan data, serta bagaimana menyatakannya.

4. Bentuk rekomendasi penyelesaian dan pasca tindakannya.

5. Studi Kasus / Praktek pemecahan masalah analitical skills for leaders.

METODE pelatihan leadership online Zoom :

Metode Training analitical skills for leaders dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

INSTRUKTUR pelatihan leader online Zoom :

Instruktur yang mengajar pelatihan analitical skills for leaders ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang analitical skills for leaders baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

PESERTA :

Manager dan Supervisor di beragam industri.

Peserta yang dapat mengikuti training analitical skills for leaders ini adalah staff sdm atau karyawan yang ingin mendalami bidang analitical skills for leaders.

Karena kompleksnya pelatihan ini, maka dibutuhkan pendalaman yang lebih komprehensif melalui sebuah training. Dan menjadi sebuah kebutuhan akan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

Jadwal Pelatihan CV Diorama Success Tahun 2025

  • Training Bulan Januari : 16-17 Januari 2025
  • Training Bulan Februari : 13-14 Februari 2025
  • Training Bulan Maret : 5-6 Maret 2025
  • Training Bulan April : 24-25 April 2025
  • Training Bulan Mei : 21-22 Mei 2025
  • Training Bulan Juni : 11-12 Juni 2025
  • Training Bulan Juli : 16-17 Juli 2025
  • Training Bulan Agustus : 20-21 Agustus 2025
  • Training Bulan September : 17 – 18 September 2025
  • Training Bulan Oktober : 8-9 Oktober 2025
  • Training Bulan November : 12-13 November 2025
  • Training Bulan Desember : 17-18 Desember 2025

Catatan: Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta. Peserta dapat mengajukan tanggal pelaksanaan pelatihan.

LOKASI 

REGULER TRAINING

  • Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant)
  • Jakarta, Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant)
  • Bandung, Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant)
  • Bali, Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant)
  • Lombok, Hotel Jayakarta (7.500.000 IDR / participant)

ONLINE TRAINING VIA ZOOM

INVESTASI 

  • Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

Catatan: Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Benefit Apa Saja yang Didapatkan Peserta Pelatihan?

  • FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
  • FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan
  • Module / Handout
  • FREE Flashdisk
  • Sertifikat
  • FREE Bag or backpack (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2x Coffee Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive

FAQ tentang CV Dior

Q : Berapa minimal running pelatihan ini ?
A : Pelatihan ini akan running idealnya minimal dengan 2 peserta, tetapi bisa disesuaikan dengan kebutuhan peserta

Q : Apakah bisa jika saya hanya ingin pelatihan sendiri aja / private course ?
A : Bisa, kami akan membantu menyelenggarakan pelatihan 1 hari jika ada persetujuan dari klien

Q : Dimana saja pelatihan biasanya di selenggarakan?
A : Pelatihan kami selenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Lombok dan beberapa negara seperti Singapore dan Malaysia

Q : Apakah bisa diselenggarakan selain di kota lain?
A : Penyelenggaraan pelatihan bisa diadakan di kota lain dengan minimal kuota 5 orang setiap kelas

Q : Apakah bisa juga diselenggarakan secara IHT/ In House Training di Perusahaan klien ?
A : Bisa diselenggarakan secara IHT di Perusahaan klien

Q : Apakah jadwal bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien ?
A : Jadwal pelatihan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan klien.

 

Materi, Lokasi dan Jadwal Pelatihan Bisa Berubah Sewaktu-waktu dan disesuaikan Dengan Kondisi Peserta, dimohon untuk Melakukan Konfirmasi untuk Segala Bentuk Perubahan, agar Tidak Terjadi Miskomunikasi. Segera Daftar Pelatihan, Ada Diskon Spesial Hanya Bulan Ini.

 

Tanyakan pada kami ?

Kami di sini untuk membantu Anda! Jangan ragu untuk menanyakan apapun kepada kami. Klik di bawah untuk memulai obrolan.

Marketing

Fauzi

Online

Marketing

Dian

Online

Marketing

Faisal

Online

Fauzi

Hai, tanyakan pada kami ? 00.00

Dian

hai, ada yang bisa kmi bantu untuk mu ? 00.00

Faisal

Hai, tanyakan pada kami ? 00.00