TRAINING ONLINE ADVANCE TRAINING NEED ANALYSIS

Posted on: Juli 21, 2022 Posted by: admin diorama Comments: 0

TRAINING ONLINE ADVANCE TRAINING NEED ANALYSIS

TRAINING ONLINE ADVANCE TRAINING NEED ANALYSIS

training

Developing Syllabi for Training

DESKRIPSI TRAINING WEBINAR ANALISIS KEBUTUHAN TRAINING :

Training ini akan memberikan pengetahuan bagaimana cara kita melakukan analysis tentang kebutuhan training dalam organisasi kita, hal ini sangat bermanfaat dalam rangka melakukan effisiensi dan effektivitas penyelenggaraan training, sehingga perusahaan dapat merasakan , penurunan cost, kemanfaatan training yang diselenggarakan, meningkatkan ketepatan pemilihan jenis training yang diselenggarakan dst.

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan TNA – Training Need Analysis ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan advance training need analysis ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

TUJUAN TRAINING TRAINING ANALYSIS UNTUK PRAKERJA :

Dengan mengikuti pelatihan advance training need analysis Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai advance training need analysis dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang advance training need analysis.

MATERI pelatihan analisis kebutuhan training online Zoom :

DAY 1 : THE FOUNDATION & BIG PICTURE

SESI 1: New Approach In People Development: Human Capital, Competency Management, And Talent Management

1. 1. Memahami perbedaan antara Traditional Based HRM, Competency Based HRM vs Talent Based HRM.

2. 2. Pemahaman tentang competency dictionary dan profiency level, sebagai dasar penyusunan modul

3. 3. pelatihan (meningkatkan kompetensi target peserta).

4. 4. Contoh Requirement untuk level pimpinan, bawahan, specialist.

5. 5. Big Picture Training & Development Division dalam konteks ini.

6. 6. Studi Kasus dan Diskusi kelompok.

SESI 2: Training Management: The Big Picture

Gambaran Besar Metodologi manajemen pelatihan / training Management sebagai panduan Peran dan kompetensi yang harus dimiliki training specialist :

1. 1. Step By Step TNA: Analisa kebutuhan pelatihan, tahapan kerja dan hasil yang diharapkan, termasuk membedakan Analisis kebutuhan pelatihan baru, lama (refreshment) dan perbaikannya.

2. 2. Bagaimana mendefinisikan program pelatihan: menentukan tujuan pelatihan, memilih metode pelatihan, dan pembuatan matrix pelatihan.

3. 3. Membuat Proposal training: tujuan, metode, target hasil, kompetensi yang disasar, lama waktu, pendekatan pelatihan, siapa peserta dan pelaksananya.

4. 4. Evaluasi pelatihan dan Training scorecard: ketika dan setelah pelatihan sesuai model 4 level dari evaluasi pelatihan.

5. 5. Pembuatan modul: tahapan kerja dan hasil yang diharapkan.

6. 6. Tahapan Penyelenggaraan Pelatihan: sebelum masuk ruangan, lay out ruangan, penyediaan fasilitas (flip chart, infocus, sound system).

7. 7. Intervensi pasca pelatihan dan peran training & development division.

SESI 3: Understanding TNA In Business Context

1. 1. Memahami 2 mazhab dalam TNA: Performance Management vs User Requirement (current problem vs future problem).

2. 2. Pendekatan BADDIE dan lainnya dalam training need analysis.

3. 3. Macro training need analysis berdasarkan 7 S (disederhanakan)

4. 4. 7S Mc Kinsey: Kerangka Pijak analisa macro TNA (Organization, Key Success Factors & KPI)

5. 5. Penggunaan Teknik 7S Mckinsey dalam Pelaksanaan training need analysis.

SESI 4: Practice: Analyzing your Organization’s Improvement Areas, Key Success Factors, And Gap Analysis

1. SHARING mengenai beragam kasus Macro TNA dan approach yang pernah dilakukan:

* – Bank – Sales

* – Bank – Collection

* – Learning Center – Telekomunikasi, Bank (penyusunan modul collection – TNA dimana peserta yang di tugaskan dengan design training terjadi kesalah-pahaman)

* – Perusahaan Keramik/Kaset.

* – Latihan dan presentasi kelompok berdasarkan kasus yang dibuat.

* – Diskusi kelas, Presentasi kelompok & Review dari fasilitator

DAY 2 : CONDUCTING MICRO TNA & HOW TO DESIGN TRAINING PROGRAM

SESI 1:Micro TNA: How to Conduct Performance Diagnosis: Understanding Reasons Of Poor People Performance And How To Improve It

1. 1. Paradigma baru dalam performance management.

2. 2. Tahapan pelaksanaan manajemen kinerja: Problem Analyses & Performance, Cause of Problems and its

3. 3. Solutions, Training vs. Non Training Solutions.

4. 4. Competency based Training Design: metode dan aplikasinya.

5. 5. Manajemen manusia dan permasalahannya: Techniques on solving Skills Problems, Knowledge Problems,

6. 6. Motivation Problems and Habit Problems.

7. 7. Memahami Prinsip dasar Mentoring, Coaching & counceling.

8. 8. Latihan melakukan Performance Diagnosis.

9. 9. Latihan membuat Performance Improvement Plan.

SESI 2: Practice: Analyzing Performance Problem and Individual

1. 1. Tehnik mengidentifikasi permasalahan kinerja dan solusinya (training vs non training).

2. 2. On-the-job development program.

3. 3. Penentuan area pengukuran kompetensi: Knowledge, Skill, Attitude, Habit

4. 4. Latihan membuat pengukuran kompetensi.

5. 5. Latihan membuat dan menurunkan kompetensi yang dibutuhkan dari suatu pekerjaan/posisi.

6. 6. Latihan menentukan jenis content yang tepat untuk setiap level jabatan.

SESI 3: Interviewing Skills In Conducting TNA

1. 1. Berhubungan dengan Key User:

+ o Bagaimana menanyakan permasalahan dilapangan. How to drill it down.

+ o Bagaimana menanyakan ekspektasi seseorang: apa yang harus dikejar, bagaimana bertanyanya, dan tehnik pendalamannya.

2. 2. Masalah utama dalam training need analysis:

3. 3. Masalah teknis: tahapan kerja – flow of process. POAC / Management skills.

o § Bagaimana seorang interviewer dapat memahami apakah aktivitas kerja saat ini sudah benar? Sebagai dasar penentuan dan penyusunan modul pelatihan.

o § Tehnik cepat memahami strategi dan proses yang benar dalam satu unit bisnis yang di analisa.

o § Apa yang harus di lakukan dan diketahui (Ekspektasi Kinerja) ketika menginterview seorang Manager, Supervisor dan Staff/operator/clerical.

+ o Masalah manusia: Pengetahuan, Keahlian, Kemauan dan Kebiasaan – Knowledge, attitude, skills & habbit – KASH (Leadership & Soft Skills).

o § Bagaimana memetakan cepat dan memahami : Apakah suatu pekerjaan (keahlian) perlu di dukung pemahaman konsep kunci, atau lebih kepada clerical tasks (Skills) saja, dan bagaimana mengidentifikasi tingkat pengetahuan tersebut.

o § Tehnik mengidentifikasi cakupan content dalam konteks Knowledge & Skills.

o § Tehnik mengidentifikasi sejauh mana terdapat isu non technical: cara bertanya dan memvalidasinya (Energy-Motivasi, mind set, values, Citra diri, cooperation, team building, leadership, Bad habbit, behavioral-Soft Competency).

SESI 4: Communication Skills On Conducting TNA: Ensuring Right Training Design

1. 1. 3 Bahaya utama: Distorsi, Generalisasi dan Delesi sebagai sumber dasar asumsi yang menyesatkan.

2. 2. Membaca bahasa tubuh dan sensitivitas klien dalam melakukan interview.

3. 3. Tehnik meningkatkan rapport dan membaca kebohongan melalui bahasa tubuh serta intonasi seseorang.

4. 4. Membuat trial draft isi pelatihan: tehnik bertanya, menggiring, dan mengkonfirmasi key user dan targeted participant terhadap content materi pelatihan.

5. 5. Memahami dan menggiring Ekspektasi dari key user: 4 Level of training Results.

6. 6. Studi kasus dan sharing: pengalaman dan form yang digunakan

DAY 3 :CONDUCTING TRAINING DESIGN & DEVELOPING TRAINING MATERIAL

SESI 1: Modern Approach on Holistic Human Change: The Science of Behavior Modification

1. 1. Peserta memahami bagaimana pembelajaran wholistic: beragam tehnik modifikasi area/domain pikiran bawah sadar dan pikiran sadar.

2. 2. Memahami pikiran dan kesadaran.

3. 3. Prinsip pikiran sadar dan bawah sadar & bagaimana pikiran belajar.

4. 4. Memahami Citra diri, sabotase diri, dan harapan.

5. 5. Memprogram pikiran sadar & pikiran bawah sadar.

6. 6. Beragam metode yang terdapat dipasaran dan aplikasinya: Quantum Teaching, Accelerated Learning, Outbond,

7. 7. NLP, Logotherapy, dan Organizational Modification.

8. 8. Implikasinya kepada training design dan metode evaluasi pelatihan:

o Mengapa suatu pelatihan menjadi tidak efektif.

SESI 2: Understanding Training Design & Training Evaluation

1. 1. Tahapan dalam mendesain training: Tujuan besar, Kerangka Besar, Metode yang akan digunakan, run down session, training matrix Program.

2. ·2. Perbedaan metode mendesain training untuk peningkatan keahlian, pengetahuan, sikap, motivasi, pola pikir dan tehnik pengukuran hasilnya.

3. ·3. Membuat benang merah antara sesi: alur sesi pelatihan vs mind mapping techniques

4. 4. Apa yang harus di lakukan di pagi hari, siang hari dan sore hari.

5. 5. Tehnik merancang content pelatihan dan bagaimana mencarinya (using training provider, googling, scan to text, Subject Matter Expert, Reading & Translating Competency Manual).

6. ·6. Tehnik Evaluasi pelatihan berdasarkan metode 4 level.

7. 7. Metode evaluasi pelatihan ketika dan pasca pelatihan.

8. 8. Merancang tehnik Intervensi pasca pelatihan.

SESI 3: Practice: Developing Syllabi for Training

“Peserta Diwajibkan Membawa Notebook & Flashdisk Sendiri”

* * Beragam jenis training yang saat ini ada dipasar, baik keunggulan maupun kekurangannya.

* * Latihan membuat silabus training berdasarkan training need analysis:

+ o Senior Management Level

+ o Middle Management & Supervisor

+ o Clerical & Officer Level

* * Praktek dan Simulasi Mendesain Materi Persesi Menangani Masalah Kerja (Knowledge & Skills)

* * Praktek dan Simulasi Mendesain Materi Persesi Menangani Masalah bawah Sadar (Motivasi, Pola Pikir/Mind Set,

* * Sikap, Emosi, Team Work, Leadership).

SESI 4: Group Presentation & Class Discussion

* * Presentasi kelompok.

* * Diskusi dan review bersama.

* * Input fasilitator.

* * Wrap up & closing.

* * Studi Kasus / Praktek pemecahan masalah advance training need analysis.

METODE pelatihan training analysis online Zoom :

Lecturing, diskusi interactive, roleplay, sharing and studi kasus.

Metode Training advance training need analysis dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

INSTRUKTUR pelatihan analisa pelatihan online Zoom :

Instruktur yang mengajar pelatihan advance training need analysis ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang advance training need analysis baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

PESERTA :

1. Program designers, program facilitators, training managers, internal performance consultants and human resources managers

2. Managers responsible for specific types of training

3. Training directors responsible for multi-functional strategist.

4. Peserta yang dapat mengikuti training advance training need analysis ini adalah staff sdm atau karyawan yang ingin mendalami bidang advance training need analysis.

Karena kompleksnya pelatihan ini, maka dibutuhkan pendalaman yang lebih komprehensif melalui sebuah training. Dan menjadi sebuah kebutuhan akan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

JADWAL TRAINING 2022

18-19 Januari 2022
22-23 Februari 2022
15-16 Maret 2022
19-20 April 2022
23-24 Mei 2022
14-15 Juni 2022
12-13 Juli 2022
23-24 Agustus 2022
13 – 14 September 2022
11-12 Oktober 2022
8 – 9 November 2022
29-30 November  2022
13-14 Desember 2022

Jadwal tersebut juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta

LOKASI PELATIHAN  :

· Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (7.250.000 IDR / participant)

· Jakarta, Hotel Amaris Tendean (7.750.000 IDR / participant)

· Bandung, Hotel Golden Flower (7.750.000 IDR / participant)

· Bali, Hotel Ibis Kuta (8.500.000 IDR / participant)

· Lombok, Hotel Jayakarta (8.750.000 IDR / participant)

INVESTASI TRAINING

Investasi Pelatihan tahun 2022 ini :

Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas Pelatihan di Diorama untuk Paket Group (Minimal 2 orang peserta dari perusahaan yang sama):

· FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)

· FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .

· Module / Handout

· FREE Flashdisk

· Sertifikat

· FREE Bag or bagpackers (Tas Training)

· Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)

· 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner

· FREE Souvenir Exclusive

Jadwal Pelatihan masih dapat berubah, mohon untuk tidak booking transportasi dan akomodasi sebelum mendapat konfirmasi dari Marketing kami. Segala kerugian yang disebabkan oleh miskomunikasi jadwal tidak mendapatkan kompensasi apapun dari kami.

Tanyakan pada kami ?

Kami di sini untuk membantu Anda! Jangan ragu untuk menanyakan apapun kepada kami. Klik di bawah untuk memulai obrolan.

Marketing

Faisal

Online

Marketing

Diana

Online

Marketing

Eca

Online

Faisal

Hai, tanyakan pada kami ? 00.00

Diana

Hai, tanyakan pada kami ? 00.00

Eca

hai, ada yang bisa kmi bantu untuk mu ? 00.00