Analisa Laporan Keuangan

Analysis of financial statements
Posted on: Mei 4, 2017 Posted by: admin diorama Comments: 0

Analisa Laporan Keuangan

Analisa Laporan Keuangan

Deskripsi

Laporan keuangan sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Pada mulanya laporan keuangan bagi suatu perusahaan hanyalah sebagai ‘alat penguji’ dari pekerjaan bagian pembukuan, tetapi untuk selanjutnya laporan keuangan tidak hanya sebagai alat penguji saja tetapi juga sebagai dasar untuk dapat menentukan atau menilai posisi keuangan perusahaan tersebut, dimana dengan hasil analisa tersebut pihak – pihak yang berkepentingan mengambil suatu keputusan.

Untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai kinerja sesungguhnya dari satu perusahaan tidak cukup hanya dengan melihatnya dari besaran laba yang dicapai. Yang tidak kalah pentingnya adalah dengan melihat kondisi keuangan perusahaan itu sendiri. Karena laba yang besar tidak selalu identik dengan kondisi keuangan yang baik walaupun idealnya memang harus demikian.

Untuk mengetahui keadaan yang sesungguhnya diperlukan suatu analisa yang mampu menyajikan informasi atau data mengenai berbagai aspek yang diperlukan baik dalam rangka efisiensi pendayagunaan dana atau untuk pengambilan keputusan manajemen, investasi, maupun sebagai dasar / pedoman perencanaan perusahaan.

Jadi untuk mengetahui posisi keuangan suatu perusahaan serta hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan tersebut perlu adanya laporan keuangan dari perusahaan yang bersangkutan.

Tujuan

Meningkatkan pemahaman peserta akan pentingnya laporan keuangan dalam perencanaan perusahaan ataupun dalam pengambilan keputusan manajemen
Memberikan pembekalan kepada peserta mengenai cara memanfaatkan Laporan Keuangan secara efektif
Meningkatkan ketrampilan peserta dalam melakukan analisis laporan keuangan sesuai dengan lingkup tugas dan kepentingannya
Meningkatkan apresiasi dan tanggung-jawab peserta terhadap peningkatan kinerja dan keberhasilan perusahaan secara umum
Memberi kesempatan kepada peserta untuk:
Mendapatkan pemecahan masalah yang mungkin dihadapi berkaitan dengan topik bahasan
Me-refresh/mereview kembali metode yang digunakan selama ini apakah sudah efektif atau masih mungkin disempurnakan
Sharing experience dengan sesama peserta dan instruktur

Materi

1. KERANGKA MANAJEMEN KEUANGAN

Peran dan fungsi Manajemen Keuangan
Arus Keuangan sebagai urat nadi perusahaan
Karakteristik Biaya untuk perencanaan dan pengendalian (Fixed Cost &Variable Cost, Break Even Point Analysis, Standard Cost vs Historical Cost)
2. MEMAHAMI LAPORAN KEUANGAN

Laporan Neraca sebagai Posisi Keuangan Perusahaan;
Laporan Laba Rugi sebagai Prestasi Keuangan Perusahaan;
3. MENGEVALUASI KINERJA PERUSAHAAN

Laporan Keuangan sebagai Indikator Posisi, Prestasi, dan Pertumbuhan Perusahaan
Sistematika Analisa dengan Berbagai Tolok Ukur Rasio Keuangan
Rasio Profitabilitas (ROI, ROE, Profit Margin)
Cause and Effect Analysis (DuPont Analysis on ROI and ROE)
Rasio Likuiditas (Current Ratio, Quick Ratio, Cash Ratio)
Rasio Solvalibitas / Leverage (Debt Equity Ratio, Debt Asset Ratio)
Rasio Aktifitas /Turnover (Days Inventory, Days Receivables, Days Payables, Cash-to-Cash Cycles)
Rasio Efisiensi (COGS to Sales, Operating Expenses to Sales)
4. MENGANALISA KELAYAKAN INVESTASI

Pola pikir strategis (jangka panjang) dalam pertimbangan investasi
Proyeksi Cashflow dan Penerapan Time Value of Money
Sistematika Analisa Penilaian Kelayakan (NPV, IRR, PI, Payback Period)
5. MENGANALISA PENYIMPANGAN BIAYA (VARIANCE ANALYSIS)

Biaya Realisasi vs Biaya Standar
Sistematika Analisa Penyimpangan
Jenis, Karakteristik, dan Sebab Penyimpangan
6. STUDI KASUS TENTANG ANALISA LAPORAN KEUANGAN

Peserta

Para professional di bidang finance, Finance Manager, Finance Staff, Accounting Manager, Accounting Staff dan perusahaan-perusahaan financial maupun non financial serta Pihak-pihak dalam perusahaan yang terkait dengan analisis laporan keuangan dalam rangka menentukan portfolio investasi saham, serta melakukan evaluasi mengenai kinerja perusahaan serta prospeknya untuk masa yang akan dating.

METODE TRAINING

1. Presentation
2. Discuss
3. Case Study
4. Evaluation
5. Pre-Test & Post-Test
6. Games

Jadwal Pelatihan CV Diorama Success Tahun 2025

  • Training Bulan Januari : 16-17 Januari 2025
  • Training Bulan Februari : 13-14 Februari 2025
  • Training Bulan Maret : 5-6 Maret 2025
  • Training Bulan April : 24-25 April 2025
  • Training Bulan Mei : 21-22 Mei 2025
  • Training Bulan Juni : 11-12 Juni 2025
  • Training Bulan Juli : 16-17 Juli 2025
  • Training Bulan Agustus : 20-21 Agustus 2025
  • Training Bulan September : 17 – 18 September 2025
  • Training Bulan Oktober : 8-9 Oktober 2025
  • Training Bulan November : 12-13 November 2025
  • Training Bulan Desember : 17-18 Desember 2025

Catatan: Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta. Peserta dapat mengajukan tanggal pelaksanaan pelatihan.

LOKASI 

REGULER TRAINING

  • Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant)
  • Jakarta, Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant)
  • Bandung, Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant)
  • Bali, Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant)
  • Lombok, Hotel Jayakarta (7.500.000 IDR / participant)

ONLINE TRAINING VIA ZOOM

INVESTASI 

  • Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

Catatan: Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Benefit Apa Saja yang Didapatkan Peserta Pelatihan?

  • FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
  • FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan
  • Module / Handout
  • FREE Flashdisk
  • Sertifikat
  • FREE Bag or backpack (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2x Coffee Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive

FAQ tentang CV Dior

Q : Berapa minimal running pelatihan ini ?
A : Pelatihan ini akan running idealnya minimal dengan 2 peserta, tetapi bisa disesuaikan dengan kebutuhan peserta

Q : Apakah bisa jika saya hanya ingin pelatihan sendiri aja / private course ?
A : Bisa, kami akan membantu menyelenggarakan pelatihan 1 hari jika ada persetujuan dari klien

Q : Dimana saja pelatihan biasanya di selenggarakan?
A : Pelatihan kami selenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Lombok dan beberapa negara seperti Singapore dan Malaysia

Q : Apakah bisa diselenggarakan selain di kota lain?
A : Penyelenggaraan pelatihan bisa diadakan di kota lain dengan minimal kuota 5 orang setiap kelas

Q : Apakah bisa juga diselenggarakan secara IHT/ In House Training di Perusahaan klien ?
A : Bisa diselenggarakan secara IHT di Perusahaan klien

Q : Apakah jadwal bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien ?
A : Jadwal pelatihan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan klien.

 

Materi, Lokasi dan Jadwal Pelatihan Bisa Berubah Sewaktu-waktu dan disesuaikan Dengan Kondisi Peserta, dimohon untuk Melakukan Konfirmasi untuk Segala Bentuk Perubahan, agar Tidak Terjadi Miskomunikasi. Segera Daftar Pelatihan, Ada Diskon Spesial Hanya Bulan Ini.

 

Tanyakan pada kami ?

Kami di sini untuk membantu Anda! Jangan ragu untuk menanyakan apapun kepada kami. Klik di bawah untuk memulai obrolan.

Marketing

Fauzi

Online

Marketing

Dian

Online

Marketing

Faisal

Online

Fauzi

Hai, tanyakan pada kami ? 00.00

Dian

hai, ada yang bisa kmi bantu untuk mu ? 00.00

Faisal

Hai, tanyakan pada kami ? 00.00