Collection Strategy & Negotiation for Non-financial
Collection Strategy & Negotiation for Non-financial
Tingkat penjualan yang tinggi tidak akan berarti apa-apa jika tidak terjadi collection. Sementara itu collection membutuhkan keahlian yang berbeda dengan receivable management. Strategy pendekatan yang “ampuh” adalah dengan pendekatan service, dimana perusahaan tetap mencoba mempertahankan hubungan baik yang telah terbina selama ini. Bagaimana strateginya? dan bagaimana pula implementasinya? Serta teknik negosiasi yang efektif.
Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta:
- Memberikan pemahaman mengenai strategy collection
- Mempelajari teknik menyusun prosedur dan kebijakan collection yang efektif dan efisien
- Bagaimana tingkat tawar-menawar dapat mempengaruhi strategy dan proses collection
- Membekali peserta dengan teknik negosiasi yang efektif.
Materi
1. Nature dari Credit terms
- Credit terms dari sudut pandang persaingan usaha
- Credit terms dari sudut pandang keuangan perusahaan
- Credit terms dari sudut pandang industry
2. Pemetaan karakteristik customer dan kepentingan strategy perusahaan
- Memahami customer preference
- Memahami buyer preference
- Menentukan level of bargaining power
3. Strategy dalam collection
- Hubungan antara strategy penjualan dan strategy collection
- Collection Goals, Strategy dan Process
4. Kebijakan dan prosedur collection
- Teknik dalam meningkatkan efisiensi dalam proses collection
- Teknik collection dengan menggunakan telepon
- Teknik collection dengan menggunakan surat
- Teknik collection dengan kunjungan
5. Aspek hukum yang perlu diperhatikan
6. Memahami jenis karakter customer dan teknik menghadapinya
- Type customer dalam membayar kewajiban
- Teknik menghadapi customer dengan berbagai macam karakkter
- Memahami mengapa customer mengatakan ”tidak”
7. Enam langkah efektif dalam melakukan penagihan
- Tahapan penagihan yang efektif
- Menghadapi keberatan customer
8. Negotiation Skills for Collection
- Dasar keberhasilan negosiasi
- Persiapan negosiasi
- Proses negosiasi
- Memahami dan menindaklanjuti respon customer
- Menyampaikan pesan dengan efektif
Peserta
- Collection Manager/ Officer
- Finance Manager/ Officer
- Accounting Manager/ Officer
- Financial Controler
- Internal Controler
METODE TRAINING
1. Presentation
2. Discuss
3. Case Study
4. Evaluation
5. Pre-Test & Post-Test
6. Games
JADWAL TRAINING CVDIOR TAHUN 2024 :
16 -17 Januari 2024
13 – 14 Februari 2024
5 – 6 Maret 2024
24 – 25 April 2024
21 – 22 Mei 2024
11 – 12 Juni 2024
16 – 17 Juli 2024
20 – 21 Agustus 2024
17 – 18 September 2024
8 – 9 Oktober 2024
12 – 13 November 2024
17 – 18 Desember 2024
Jadwal training diatas dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk memastikan jadwal pelatihan fix running di tahun ini silahkan konfirmasi jadwal dan lokasinya melalui whatsapp marketing kami
LOKASI DAN INVESTASI
Lokasi Pelatihan Fix Running di Indonesia:
- Bandung, Hotel Neo Dipatiukur(6.500.000 IDR / participant)
- Bali, Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant)
- Lombok, Hotel Jayakarta (7.500.000 IDR / participant)
- Yogyakarta, Hotel Dafam Fortuna Grande Malioboro (6.000.000 IDR / participant)
- Jakarta, Hotel Amaris Kemang (6.500.000 IDR / participant)
LOKASI DAN INVESTASI
Investasi Pelatihan tahun 2024 ini :
Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.
FASILITAS PELATIHAN :
- Sertifikat dan dokumentasi
- Bag or bagpackers (Tas Training)
- Training Kit (Blocknote, ATK, etc)
- 2x Coffee Break & 1 Lunch, Dinner
- Souvenir Exclusive
- Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara Khusus Bali dan Bandung)
- Akomodasi Peserta ke tempat pelatihan .
- Module / Handout Softcopy ataupun Hardcopy
- Flashdisk atau Link Download Material
Jadwal Pelatihan masih dapat berubah, mohon untuk tidak booking transportasi dan akomodasi sebelum mendapat konfirmasi dari Marketing kami. Segala kerugian yang disebabkan oleh miskomunikasi jadwal tidak mendapatkan kompensasi apapun dari kami.