TRAINING TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG DAN PERANAN BANK UNTUK MENCEGAHNYA
TRAINING TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG DAN PERANAN BANK UNTUK MENCEGAHNYA
Training Bank Sebagai Sarana Pencucian Uang
Training Kejahatan Money Laundering
INTRODUCTION :
Akhir-akhir ini banyak kita dengar dan baca tentang pidana pencucian uang karena makin banyak kasus korupsi yang melibatkan banyak pejabat di Indonesia. Tindak pidana dalam kasus korupsi selalu melibatkan banyak pejabat di Indonesia. Tindak pidana dalam kasus korupsi selalu melibatkan bank sebagai sarana menerima, mengirim dan menyimpan yang semua aliran dana tersebut tercatat dengan baik oleh Bank. Peranan Bank sebagai penunjang system keuangan menyebabkan bank sebagai sarana pencucian uang. Dengan mengikuti seminar/ Pelatihan ini, peserta akan mengetahui lebih banyak tentang pencucian uang dan peranan Bank untuk mencegah pencucian uang. Disamping itu peserta akan mengetahui karateristik rekening yang digunakan untuk penipuan.
TRAINING MATERIAL OUTLINE :
1. Kejahatan Money Laundering
a. Pengertian Money Laundering
b. Hakekat Money Laundering
c. Modus operandi Money Laundering
d. Aspek Money Laundering
e. Undang-undang Pencucian Uang
f. Ruang lingkup Pencucian uang dalam UU No 8 Tahun 2010
2. Bank sebagai sarana pencucian uang
a. Faktor Bank dijadkan sarana pencucian uang transaksi :
• Hakikat transaksi
• Transaksi tunai
• Transaksi usaha
• Transaksi keuangan yang perlu dicermati
• Transaksi keuangan yang mencurigakan
• Dasar hukum penghentian sementara
b. Langkah Bank mencegah pencucian uang dan pendanaan teroris
c. Customer Due Diligent pemblokiran
d. Penyidikan dan Penuntutan Tindak Pidana Pencucian uang
e. Sifat melawan hukum dari tindak pencucian uang
3. Hasil Tindak Pidana Pencucian uang
a. Tahapan Operasional Money Laundering
• Placement
• Layering
• Integration
b. Metode Pencucian Uang
• Transaksi Legal
• Transaksi Jual Beli
• Memanfaatkan Negara-negara Bebas pajak di luar Negeri
c. Indikator penampilan sikap tindak pencucian uang
d. Pola pencucian uang di Indonesia
WHO SHOUL ATTEND?
1. Pimpinan Cabang/ Capem
2. Wakil Pimpinan Cabang / Capem
3. Auditor
4. Legal
5. Manajemen Risiko
6. Customer Service
7. Teller
INSTRUKTUR TRAINING
Pelatihan ini akan dibawakan oleh trainer/ pemateri yang berpengalaman di bidangnya.
PESERTA TRAINING
Pelatihan ini sangat sesuai untuk di ikuti oleh peserta dari devisi customer service, devisi risk and credit analyst lembaga keuangan dan perbankan.
METODE TRAINING
1. Presentation
2. Discuss
3. Case Study
4. Evaluation
5. Pre-Test & Post-Test
6. Games
JADWAL TRAINING 2022
18-19 Januari 2022
22-23 Februari 2022
15-16 Maret 2022
19-20 April 2022
23-24 Mei 2022
14-15 Juni 2022
12-13 Juli 2022
23-24 Agustus 2022
13 – 14 September 2022
11-12 Oktober 2022
8 – 9 November 2022
29-30 November 2022
13-14 Desember 2022
Jadwal tersebut juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta
LOKASI PELATIHAN :
- Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (7.250.000 IDR / participant)
- Jakarta, Hotel Amaris Tendean (7.750.000 IDR / participant)
- Bandung, Hotel Golden Flower (7.750.000 IDR / participant)
- Bali, Hotel Ibis Kuta (8.500.000 IDR / participant)
- Lombok, Hotel Jayakarta (8.750.000 IDR / participant)
INVESTASI TRAINING
Investasi Pelatihan tahun 2022 ini :
Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.
Fasilitas Pelatihan di Diorama untuk Paket Group (Minimal 2 orang peserta dari perusahaan yang sama):
- FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
- FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
- Module / Handout
- FREE Flashdisk
- Sertifikat
- FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
- 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
- FREE Souvenir Exclusive
Jadwal Pelatihan masih dapat berubah, mohon untuk tidak booking transportasi dan akomodasi sebelum mendapat konfirmasi dari Marketing kami. Segala kerugian yang disebabkan oleh miskomunikasi jadwal tidak mendapatkan kompensasi apapun dari kami.