TRAINING PRINSIP-PRINSIP MENGENAL NASABAH
TRAINING PRINSIP-PRINSIP MENGENAL NASABAH
Training Persyaratan Peraturan & Undang-Undangan
Training Hubungan Perbankan Koresponden
Latar Belakang
Beragam tingkat kejahatan yang marak terjadi dengan melibatkan sistem keuangan ataupun sistem perbankan menjadi latarbelakang perlunya sistem pengaturan. Bank Indonesia merekomendasikan agar industri perbankan mengadopsi prinsip-prinsip panduan yang dikenal dengan istilah “Know Your Customer Principles” sebagai upaya untuk memantau kegiatan transaksi yang mencurigakan.
Pelatihan ini akan memberikan panduan tentang bagaimana mengenal nasabah, tujuan dan keuntungannya bagi industri perbankan, hingga kemudian mampu menemukan bagian yang relevan dari panduan ini.
Outline Training Prinsip-prinsip Mengenal Nasabah:
- Panduan Mengenal Nasabah (PMN)
+ Kewajiban mengimplementasikan PMN
+ Tanggung jawab dalam implementasi PMN
+ Pendekatan berbasis resiko untuk PMN dan Anti pencucian uang secara umum
+ Anti pencucian uang dan toleransi risiko
+ Praktik terbaik dalam penilaian resiko pencucian uang
+ Resiko yang berhubungan dengan tidak cukup/tidak adanya PMN - PMN- Nasabah Baru
+ Persyaratan Peraturan & Undang-undang
+ Identifikasi Nasabah baru
+ Verifikasi Nasabah baru
+ Penerimaan/Penolakan Nasabah baru - PMN- Nasabah yang telah ada
+ Persyaratan Peraturan & Undang-undangan
+ Pengkinian nasabah yang telah ada - PMN- Walk in Customer
+ Persyaratan Peraturan & Undang-undangan
+ Definisi dan jenis Walk in customer berdasarkan risiko PMN
+ Identifikasi dan verifikasi Walk in Customer - PMN- Pemantauan profil Nasabah/Transaksi
+ Persyaratan Peraturan & Undang-undangan
+ Apa yang disebut profil nasabah
+ Kiat dan cara
+ PMN – HUBUNGAN PERBANKAN KORESPONDEN - PMN- Hubungan Perbankan Koresponden
+ Persyaratan Peraturan & Undang-undangan
+ Apakah perbankan koresponden
+ Risiko dalam hubungan perbankan koresponden
+ Aplikasi PMN pada hubungan perbankan koresponden - PMN- Pelatihan & Kesadaran
+ Persyaratan Peraturan & Undang-undangan
+ Membangun kesadaran : Kiat & Cara
+ Melaksanakan pelatihan: Kiat & Cara - Pelaporan transaksi keuangan mencurigakan
+ Persyaratan Peraturan & Undang-undangan
+ Mengidentifikasi transaksi keuangan mencurigakan
+ Contoh Red Flag
+ Pelaporan transaksi keuangan mencurigakan : Kiat & Cara - Larangan Pemberian informasi bagi pihak yang tidak berhak (Anti Tipping Off)
+ Persyaratan Peraturan & Undang-undangan
+ Kiat & Cara - Pelaporan transaksi keuangan secara tunai
+ Persyaratan Peraturan & Undang-undangan
+ Definisi transaksi keuangan secara tunai
+ Identifikasi dan pelaporan CTR - Teknologi Informasi
+ Persyaratan Peraturan & Undang-undangan
+ TI sebagai perangkat pemantauan - Pencatatan dan Penyimpanan Data
INSTRUKTUR TRAINING
Pelatihan ini akan dibawakan oleh trainer/ pemateri yang berpengalaman di bidangnya.
PESERTA TRAINING
Pelatihan ini sangat sesuai untuk di ikuti oleh peserta dari devisi customer service, devisi risk and credit analyst lembaga keuangan dan perbankan.
METODE TRAINING
1. Presentation
2. Discuss
3. Case Study
4. Evaluation
5. Pre-Test & Post-Test
6. Games
Jadwal Training Update di Tahun 2023
Training Bulan Januari : 10-11 Januari 2023
Training Bulan Februari : 7-8 Februari 2023
Training Bulan Maret : 7-8 Maret 2023
Training Bulan April : 18-19 April 2023
Training Bulan Mei : 16-17 Mei 2023
Training Bulan Juni : 6-7 Juni 2023
Training Bulan Juli : 11-12 Juli 2023
Training Bulan Agustus : 22-23 Agustus 2023
Training Bulan September : 12-13 September 2023
Training Bulan Oktober : 10-11 Oktober 2023
Training Bulan November : 7-8 November 2023
Training Bulan Desember : 5-6 Desember 202
Jadwal tersebut juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta
LOKASI PELATIHAN :
- Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (7.250.000 IDR / participant)
- Jakarta, Hotel Amaris Tendean (7.750.000 IDR / participant)
- Bandung, Hotel Golden Flower (7.750.000 IDR / participant)
- Bali, Hotel Ibis Kuta (8.500.000 IDR / participant)
- Lombok, Hotel Jayakarta (8.750.000 IDR / participant)
INVESTASI TRAINING
Investasi Pelatihan tahun 2022 ini :
Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.
Fasilitas Pelatihan di Diorama untuk Paket Group (Minimal 2 orang peserta dari perusahaan yang sama):
- FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
- FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
- Module / Handout
- FREE Flashdisk
- Sertifikat
- FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
- 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
- FREE Souvenir Exclusive
Jadwal Pelatihan masih dapat berubah, mohon untuk tidak booking transportasi dan akomodasi sebelum mendapat konfirmasi dari Marketing kami. Segala kerugian yang disebabkan oleh miskomunikasi jadwal tidak mendapatkan kompensasi apapun dari kami.