PELATIHAN EXCELLENT SUPERVISORY
EXCELLENT SUPERVISORY
PELATIHAN EXCELLENT SUPERVISORY
Deskripsi
Posisi supervisor (penyelia atau pengawas) menempati peran yang sangat penting di dalam suatu perusahaan. Di satu sisi, supervisor merupakan wakil manajemen yang terdekat dengan karyawan. Oleh karenanya, ia memiliki fungsi yang vital karena harus mampu menerjemahkan visi dan misi perusahaan ke dalam program-program kerja serta mampu menggerakkan karyawan untuk mencapai sasaran perusahaan. Di sisi lain, supervisor mengemban amanah untuk mampu menyerap dan mengkomunikasikan aspirasi karyawan sebagai masukan bagi perusahaan untuk menjaga situasi dan kondisi yang kondusif bagi terpeliharanya produktivitas yang maksimal dan kinerja yang optimal. Jabatan supervisor juga merupakan jabatan kritis bagi karir seseorang karena keberhasilannya menjadi supervisor akan menentukan karirnya di kemudian hari. Oleh karena itu, seorang supervisor perlu memiliki serangkaian pengetahuan dan keahlian tertentu agar mampu menjalankan fungsi dan perannya dengan baik. Pelatihan ini merupakan peta penunjuk jalan menuju supervisor yang excellent di suatu perusahaan.
CAKUPAN MATERI TRAINING EXCELLENT SUPERVISORY
1. Peran dan fungsi supervisor dalam manajemen perusahaan
Materi ini membahas tentang pentingnya manajemen dalam suatu perusahaan, fungsi-fungsi manajemen (planning, organizing, actuating, dan controlling), level manajemen dan manajerial, peran dan fungsi supervisor dalam hubungannya dengan manajemen perusahaan maupun kelompok kerja; serta kompetensi yang harus dimiliki supervisor agar dapat melaksanakan perannya dengan baik.
2. Proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian yang efektif
Materi ini membahas tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam proses perencanaan (outcome setting, penetapan key performance indicator, serta internal dan eksternal analysis dalam menyusun program kerja), pengorganisasian (struktur organisasi, span of control, dan job analysis), pelaksanaan, dan pengendalian (monitoring dan evaluasi); penyusunan proposal program kerja, penyusunan Standar Operating Procedure, dan penyusunan laporan hasil pelaksanaan program kerja.
3. Mengatur diri dan manajemen waktu
Materi ini membahas tentang pentingnya pengelolaan waktu yang efektif bagi seorang supervisor, teknik-teknik pengelolaan waktu yang efektif, pengaturan diri agar mampu mengelola waktu secara efektif, pengelolaan rapat yang efektif, serta teknik pengelolaan stress yang baik.
4. Seni berkomunikasi secara efektif baik secara persuasif maupun asertif
Materi ini membahas tentang pengertian komunikasi yang efektif, pentingnya supervisor memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif, teknik-teknik komunikasi yang efektif, tips agar mampu menjadi pendengar yang baik, pengertian dan teknik komunikasi persuasif, pengertian dan teknik komunikasi asertif, serta teknik presentasi yang efektif.
5. Kepemimpinan, teknik mempengaruhi, dan memberikan perintah yang efektif
Materi ini membahas tentang pengertian kepemimpinan, ukuran efektivitas kepemimpinan, gaya-gaya kepemimpinan yang efektif untuk situasi tertentu, serta jenis-jenis pengaruh yang bisa diterapkan oleh seorang pemimpin untuk membangun komitmen dan loyalitas karyawan.
6. Teknik memotivasi : membuat karyawan bergerak dan mendapatkan hasil
Materi ini membahas tentang pengertian motivasi, faktor-faktor yang bisa mempengaruhi motivasi karyawan, serta teknik-teknik memotivasi yang efektif guna mendapatkan kinerja karyawan yang unggul.
7. Menjaga perdamaian : menyelesaikan konflik dan menangani masalah
Materi ini membahas tentang pengertian konflik, faktor-faktor penyebab konflik, teknik penyelesaian konflik, identifikasi masalah, serta langkah-langkah dalam memecahkan masalah (termasuk penggunaan problem solving tools).
8. Meningkatkan kemampuan karyawan : empowering (pemberdayaan), coaching (bimbingan), and counceling (konsultasi)
Materi ini membahas tentang pengembangan karyawan melalui pendelegasian yang efektif, training, dan replacement (rotasi atau promosi), sistem umpan balik atau feedback yang efektif, penilaian kinerja yang baik, serta teknik menangani karyawan yang sulit.
9. Menciptakan kepuasan pelanggan eksternal dan internal
Materi ini membahas tentang jenis pelanggan perusahaan, pentingnya supervisor memiliki sikap “customer oriented”, hal-hal yang harus dilakukan guna mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi, serta cara mengukur kepuasan pelanggan.
MANFAAT YANG DIPEROLEH
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan :
* Mengerti dan menyadari fungsi dan peran supervisor dalam hubungan dengan manajemen perusahaan maupun kelompok kerja.
* Memahami teknik merencanakan, mengorganisasikan, mengimplementasikan rencana-rencana operasionalisasi tugas harian secara efektif dan efisien berdasarkan skala prioritas.
* Memahami teknik mempengaruhi, mengarahkan, meyakinkan dan memotivasi karyawan untuk menjalankan fungsi kerjanya, serta memahami prinsip-prinsip masalah supervisi staf secara individual.
* Memahami cara-cara untuk membangun tim kerja yang solid, menciptakan saling pengertian dan mengembangkan kerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan.
* Memahami cara-cara untuk mengembangkan staf sehingga dapat berprestasi lebih baik.
* Memahami cara-cara untuk menciptakan kepuasan pelanggan eksternal dan internal yang tinggi dalam melakukan pekerjaan.
SIAPA YANG SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI
Supervisor/head section/kepala regu/kepala unit, serta staf di bagian administrasi, kesekretariatan, atau di lapangan yang akan dipromosikan
METODE TRAINING
1. Presentation
2. Discuss
3. Case Study
4. Evaluation
5. Pre-Test & Post-Test
6. Games
Jadwal Training Update di Tahun 2023
Training Bulan Januari : 10-11 Januari 2023
Training Bulan Februari : 7-8 Februari 2023
Training Bulan Maret : 7-8 Maret 2023
Training Bulan April : 18-19 April 2023
Training Bulan Mei : 16-17 Mei 2023
Training Bulan Juni : 6-7 Juni 2023
Training Bulan Juli : 11-12 Juli 2023
Training Bulan Agustus : 22-23 Agustus 2023
Training Bulan September : 12-13 September 2023
Training Bulan Oktober : 10-11 Oktober 2023
Training Bulan November : 7-8 November 2023
Training Bulan Desember : 5-6 Desember 2023
Jadwal tersebut juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta
LOKASI PELATIHAN :
- Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (7.250.000 IDR / participant)
- Jakarta, Hotel Amaris Tendean (7.750.000 IDR / participant)
- Bandung, Hotel Golden Flower (7.750.000 IDR / participant)
- Bali, Hotel Ibis Kuta (8.500.000 IDR / participant)
- Lombok, Hotel Jayakarta (8.750.000 IDR / participant)
INVESTASI TRAINING
Investasi Pelatihan tahun 2022 ini :
Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.
Fasilitas Pelatihan di Diorama untuk Paket Group (Minimal 2 orang peserta dari perusahaan yang sama):
- FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
- FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
- Module / Handout
- FREE Flashdisk
- Sertifikat
- FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
- 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
- FREE Souvenir Exclusive
Jadwal Pelatihan masih dapat berubah, mohon untuk tidak booking transportasi dan akomodasi sebelum mendapat konfirmasi dari Marketing kami. Segala kerugian yang disebabkan oleh miskomunikasi jadwal tidak mendapatkan kompensasi apapun dari kami.
Technorati Tags: training production optimization of oil & gas pasti jalan,training optimalisasi produksi migas pasti jalan,training pengenalan production of oil & gas pasti jalan,training gas well loading prediction pasti jalan,pelatihan production optimization of oil & gas pasti jalan,pelatihan optimalisasi produksi migas pasti running