Lobbying & Negotiation Skills
Lobbying & Negotiation Skills
Me-loby dan bernegosiasi adalah tugas dari seorang pemimpin perusahaan. Salah satu tugas penting pemimpin adalah mencapai kesepakatan dengan berbagai pemegang kepentingan (stake holder) yang terkait dengannya, khususnya pihak-pihak di luar organisasi. Baik dalam kaitan dengan penjualan, perijinan ataupun kesepakatan-kesepakatan bisnis lainnya. Untuk dapat mengoptimalkan posisi perusahaan di dalam transaksi tersebut, maka tidak cukup seorang manajer hanya mempersiapkan diri di dalam proses formal nya (negosiasi), ia juga perlu menguasai prinsip-prinsip dan ketrampilan dalam melakukan lobbying. Sehingga proses transaksi dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan citra yang baik bagi pihak-pihak luar perusahaan. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman mengenai langkah-langkah yang tepat dalam melakukan loby dan negosiasi untuk para manager.
Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat :
- Memahami konsep ketrampilan me-loby dan negosiasi;
- Memahami prinsip-prinsip me-loby dan negosiasi;
- Dapat menguasai dan mampu mengembangkan teknik-teknik negosiasi secara efektif;
- Peserta mampu menggunakan prinsip komunikasi yang tepat dalam bernegosiasi
Materi
- Konsep dan Pengertian Loby dan Negosiasi
- Persiapan Lobbying Negosiasi
- Aspek Komunikasi
- Teknik Negosiasi
- Praktek Negosiasi
- Kendala-kendala dalam Loby dan Negosiasi
- Studi Kasus dan Diskusi
Peserta
Training ini diperuntukkan bagi:
- Staff, Supervisor, Manager ataupun level di atasnya dari Divisi Research & Development, Business Development ataupun divisi lainnya yang membutuhkan training ini;
- Praktisi atau Profesional yang ingin menambah pengetahuan mengenai Leby dan Negosiasi
METODE TRAINING
1. Presentation
2. Discuss
3. Case Study
4. Evaluation
5. Pre-Test & Post-Test
6. Games